Rabu, 03 Oktober 2012

rangkuman (matakuliah agama kristen)



PERTEMUAN  1

TOPIK                           : Manusia
                                                Sub.Topik                        : Hakikat Manusia
                                                Semester                          : I    
Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema Manusia :
Setelah saya  mengikuti matakuliah agama tentang Manusia di pertemuan saya ( I ) ini,dan saya melihat tujuannya,memang sangat baik dan berguna untuk berkehidupan para  mahasiswa terutama di lingkungan kampus dan bermasyarakat agar,mahasiswa memiliki ahklak dan kerohanian yang baik sehingga menjadi teladan bahkan contoh bagi masyrakat sekitar,karena mahasiswa harus membuktikan kepada seluruh masyrakat sekitar dengan tingkah laku,cara berfikir tentang masalah yang dihadapi oleh kaum masyarakat,dan juga dalam kerohanian.
Dipertemuan 1 ini membahas juga membahas Tuhan menciptakan segalanya,dari penciptaan hari pertama hingga hari ke-7 Tuhan berhenti menyelesaikan PerkerjaanNYa lalu Tuhan memberkati hari ke-7 itu dan menguduskan,sehingga disebut dengan Hari sabat.lalu di materi ini pun membahas secara khusus tentang manusia menurut kesaksian di Alkitabiah.dengan hal ini para mahasiswa Kristen dapat pengetahuan tentang hal ini,walaupun sudah di pelajari pada masa Sekolah dasar (SD),sekolah menegah pertama (SMP),sekolah menegah atas (SMA),bahkan sejak masa kanak-kanak disetiap gereja,tentu ada sebuah pertemuan bagi anak-anak Kristen disetiap hari minggu,dengan sebutan “sekolah minggu”,dan dari situlah sejak masa kanak-kanak,telah di berikan pengetahuan tentang kerohanian termasuk tentang Hal Tuhan menciptakan segalanya,salah satunya,pada penciptaan manusia di hari ke-6.
Walaupaun telah diberikan tentang pengetahuan hal penciptaan manusia secara berulang-ulang kepada setiap mahasiswa ,pastinya lebih berguna dan bermanfaat bagi setiap  mahasiswa Kristen.


PERTEMUAN 2

           TOPIK                             : Manusia
                                                           Sub.Topik             : Manusia dan tanggung jawab
                                                           Semester               : I    
Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema Manusia dan tanggung jawab :
Setiap manusia mempunyai tanggung jawab,dan manusia berhak melakukan dan memnjalankan setiap tanggung jawab.didalam materi ke-2 ini juga menjelaskan arti tanggung jawab secara theologis,menguraikan bentuk-bentuj tanggung jawab manusia terhadap sesama,lingkungan,dan didalam bergereja,dan juga ,member gambaran tentang tanggung jawab sebagai warga Negara terhadap bangsa dan Negara,dan yang terakhir menguraikan hubungan-hubungan antara dimensi-dimensi tanggung jawab yang telah diuraikan.dengan hal itu,materi ini sangat bermanfaat untuk berkehidupan para mahasiswa Kristen yang mempunyai tangung jawab,sehingga dapat mengetahui sebelumnya agar para mahasiswa dapat menangulangi hal-hal yang diberi tangung jawab diatasi dengan tanggung jawab secara alkitabiah.
Meskipun tangung jawab didalam berbagai bidang dan dibagian ruang lingkup yang intinya masih didalam dunia pun ,tak lepas dari penyelesaiin tanggung jawab secara yang telah tertera didalam alkitabiah.materi ini pun sangat berguna bagi  para mahasiswa Kristen agar dapat melanjutkan ketingkat selanjutnya.
Dan untuk pembelajaran selanjutnya tentang  materi ini,mungkin perlu ada tambahan materi tentang  lebih  terperinci tentang manusia dan tanggung jawabnya serta tatacaranya secara umum.




PERTEMUAN 3

           TOPIK                             : Manusia
                                                           Sub.Topik             : Manusia dan keutuhan ciptaan
                                                           Semester               : I    
Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema manusia dan keutuhan ciptaan :
Keutuhan ciptaan ini yang berarti  salah satu tanggung jawab setiap manusia ,karena hal itu mencirikan untuk kelangsungan hidup manusia.sangat baik haal ini di pelajari oleh mahasiswa agar mengetahui tangung jawab untuk menjaga kelangsungan berkehidupan dari sekarang dan untuk yang akan dating.pertemuan kali ini mempelajari beberapa hal,sehingga mahasiswa  ini dapat mengetahui makna keadilan,perdamaian dan khususnya agar mahasiswa mengerti arti keutuhan ciptaan berdasarkan kesaksian alkitabiah.
Mungkin materi ini untuk kedepannnya,penjelasan lebih terperinci dan  lebih khusus tentang keutuhan ciptaan,yang berarti tangung jawab setiap manusia dan wajib dilakukan karena hal itu menyangkut tentang cirikhas ajaran Kristus,yaitu “Mengasihi”.yang lebih jelas keutuhan ciptaan ini adalah tangung jawab manusia yang harus mengasihi sesama manusia,menjaga kedamaian,bahkan menjaga melestarikan di lingkungan berkehidupan,bermasyrakat,bernegara.








PERTEMUAN 4

           TOPIK                             : AGAMA
                                                           Sub.Topik             : Pengertian Agama
                                                           Semester               : I    

Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema Pengertian Agama :
Agama sangat penting dalam berkehidupan manusia,karena dengan adanya agama,manusia dapat berpendoman dan mengetahui peraturan dalam berkehidupan,baik dalam tingkah laku baik dan tingkah laku yang tidak baik..hal ini secara khusus sangat penting kepada para mahasiswa Kristen,agar dapat mengetahui dan mendalami apa pengertian agama secara terperinci.agama pun terdiri berbagai aliran agama,dan ajaran,dan mahasiswa pun dapat mengetahui ajaran agama-agama di Indonesia.
Mungkin hal ini dapat lebih lagi di jelaskan secara terperinci dalam materi perkuliahan untuk para mahasiswa yang akan mendatang .










PERTEMUAN 5
 TOPIK                           : AGAMA
Sub.Topik                       : Agama
 Semester                         : I    

Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema Agama Kristen :
Agama Kristen adalah agama yang berkepercayaan kepada Tuhan Yesus Kristus.para mahasiswa Kristen sangat penting mempelajari hal ini,dikarenan materi  ini lebih khusus terarah kepada agama Kristen,yang menjelaskan arti dan makna mendalam agama Kristen,dan menjelaskan Alkitab sebagai sumber Pemberitaan gereja,dan terakhir didalam maateri ini pun ada  contoh atau bentuk karya penyelamatan Allah dalam kehidupan manusia.
Hal ini terpenting dalam perkuliahan pendidikan agama Kristen bagi paera mahasiswa untuk pertambahan ilmu pengetahuan sehingga dapat diterapkan didalam berkehidupan yang akan datang.
Mungkin perkuliahan tentang materi ini dapat dijelaskan secara terperinci agar lebih mendalam ilmu agama Kristen.









PERTEMUAN 6

           TOPIK                             : GEREJA
                                                           Sub.Topik             : Hakikat Gereja
                                                           Semester               : I    
Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema Hakikat gereja :
Di materi pertemuan ke-6 merupakan identitas bagi umat Kristen,yaitu tempat beribadah umat Kristen dikenal dengan sebutan “Gereja”.tentunya didalam pembelajaran di topic ini menjelaskan berbagai hal tentang Gereja.salah satunya menguraikan pokok-pokok Tugas dan panggilan gereja dan sejarah awalnya pertumbuhan dan perkembangan gereja.hal ini sangat menarik jika didalami secara fokus tentang hal Gereja bagi para mahasiswa Kristen sehingga menambah pengetahuan secara luas tentang Gereja dan awal pertumbuhan gereja.












PERTEMUAN 7
TOPIK                            : GEREJA
                                              Sub.Topik                          : Keesaan Gereja
                                              Semester                            : I    

Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema keesaan gereja :
Topik kali ini masih didalam ruang lingkup tentang gereja,secara jelas yaitu Keesaan gereja.yang berarti lebih mendalam lagi dalam pembahasan kali ini yang intinya memahami peranan dan ajaran didalam bergereja.
Di dalam materi ini dijelaskan secara terperinci,salah satunya arti dari oikumene (pengajaran  secara bersamaan) dan menjelaskan seacara garis besar isi lima dokumen keesaan gereja.hal ini menjadi pengetahuan bagi para mahasiswa Kristen.











PERTEMUAN  8

   TOPIK                         : GEREJA
                                                   Sub.Topik                     : Gereja Indonesia
                                                   Semester                      : I    

Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema gereja Indonesia :
Didalam Negara Indonesia telah banyak berbagai gereja-gereja diseluruh kawasan Indonesia,dari sabang sampai marauke.dengan  hal ini  mahasiswa berhak dan harus mengetahui gereja-gereja diindonesia.
Materi tentang gereja Indonesia ini pun menjelaskan beberapa hal yang masih me ncangkup hal gereja didalam Indonesia .salah satunya menjelaskan tentang hakikat keberadaan gereja-gereja di Indonesia.mungkin untuk pembelajaran selanjutnya agar dijelaskan secara yang telah diringkas tetapi jelas tentang gereja-gereja diindonesia.











PERTEMUAN 9

    TOPIK                        : IMAN KRISTEN,ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGTI
    Sub.Topik                    : Iman,kasih dan pengharapaan
    Semester                      : I    

Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema iman,kasih dan penghargaan :
Merupakan pembelajaran terpenting khususnya didalam kehidupan  para mahsiswa Kristen bahwa imanlah yang sangat penting tetapi iman tanpa perbuatan ialah kosong.sebab dari itulah materi ini mengajar para mahasiswa Kristen agar mengetahui secara terperinci tentang materi hal ini .
Materi ini pun mengajarkan seacara fokus,agar mahasiswa lebih jelas disaat mempelajari tentang agama Kristen,salah satunya member pandangan atau opini-opini yang kritis dan actual tentang substansi iman,kasih dan pengharapan sebagai konsep dasar perilaku      kristiani secara horizontal dalam konteks pembangunan.











PERTEMUAN 10

TOPIK                            : HUBUNGAN IMAN DAN ILMU PENGETAHUAN       
  Sub.Topik                     :     Hubungan Iman Dan Ilmu Pengetahuan        
 Semester                        : I    
Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema hubungan iman dan ilmu pengetahuan   :
Hubungan antara iman dengan pengetahuan sangat bersangkutpautnya didalam berkehidupan manusia yang beragama khususnya umat Kristen.didalam materi ini membahas beberapa hal yang bersangkutan tentang hubungan iman dan ilmu pengetahuan,sala satunya pengertian istilah-istilah era globalisasi dan komunikasi dengan contoh-contohnya;teknologi sebbagai dasar pengembangan masyarakat modern,kaitannya dengan ilmu pengetahuan.dan juga materi ini membahas hal-hal yang bersangkutan dengan kemajuan teknologi,sehingga mahasiswa dapat memahami peranan IPTEK dalam era industrialisasi,globalisasi,dan komunikasi modern dari segi pandangan Iman Kristen.
Hal ini mungkin lebih baik dijelaskan secara terperinci agar mahasiswa/pembaca lebih mudah mengingat materi-materi ini,dan ringkasannya lebih menarik atau tersusun secara metode-metode .






PERTEMUAN 11

TOPIK                            : MAHASISWA DAN PEMBANGUNAN
Sub.Topik                        : tanggung jawab Mahasiswa dalaam kehidupan
                                          bermasyarakat,berbangsa dan bernegara
 Semester                        : I    
Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema mahasiswa dan pembangunan:
Pada materi ini lebih khusus membahas tentang aspek-aspek yang mendasari kesadaran setiap mahasiswa untuk turut bertangung jawab dalam pembangunan masyarakat,bangsa dan  Negara.
Tujuan pembahasan materi kali ini,agar mahasiswa memiliki kesadaran tentang tangung njawab manusia dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.dan agar mahasiswa dapat mengidentifikasi persoalan-persoalan yanf berhubungan dengan perihal politik,nasionalisme dan demokrasi.










PERTEMUAN 12

TOPIK                            : MAHASISWA DAN PEMBANGUNAN
Sub.Topik                        : hakikat kebersamaan dalam kepelbagaian
Semester                         : I    
Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema hakikat kebersamaan dalam kepelbagaian:
Pada materi kuliah ini akan membahas tentang hakikat kebersamaan dalam kepelbagian khususnya yang berhubungan dengan dengan kesadaran dan tanggung jawab serta kerjasama agama-agama dalam pembangunan nasional,demi terciptanya kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.
Khususnya mahasiswa memiliki tangung jawab manusia dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.dan materi ini mungkin lebih secara terperinci dalam penjelasannya agar lebih mudah dan menarik untuk mahasiswa dalam mempelajarinya.











PERTEMUAN 13

TOPIK             :LANDASAN SPRITUAL,MORAL,DAN ETIKA     PEMBANGUNAN
Sub.Topik        :Pembangunan sumber data cendekiawan muda
Semester          : I       

Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema landasan spritual,moral,dan etika pembangunan:
kata landasan lebih dipahami sebagai landasan pelabuhan udara.mungkin yang dimaksudkan yaitu jalur daroi beton atau aspek keras untuk pendaratan lepas landas pesawat.
Materi ini  membahas landasan spiritual,moral,dan etika pembangunan agar mahasiswa memahami “hakikat” pembangunan nasional sebagai pengamalan pancasila,khususnya aspek-aspek hakiki yang berkenan dengan aspek-aspek spiritual,moral,dan etika sebagai landasan pembangunan .










PERTEMUAN 14

TOPIK             :MASALAH-MASALAH ETIKA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL
Sub.Topik        :Etika ilmu pengetahuan dan tejknologi
Semester          : I       

Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema masalah-masalah etika dalam kehidupan sosial:
Ilmu pengetahuan yang berarti tugas masnusia sebagai karunia Allah yang perlu dikembangkan.tetapi tujuannya ialah untuk memuliakan Allah dan mensejahterakan lingkungan berkehudupan dan hubungan dengan sesama manusia.
Dengan adanya penyalah gunaan ilmu pengetahuan harus dicegah,oleh karena bertentangan dengan nkehendak  Allah sebagai sumber ilmu pengetahuan.dan manusia pun tidak boleh mendewakan pengetahuan.
Jadi materi kali ini ,mahasiswa harus memiliki sikap positif terhadap ilmu pengetahuan dan perkembangannya berdasarkan iman dan etika Kristen.









PERTEMUAN 15

TOPIK             :MASALAH –MASALAH ETIKA DALAM  KEHIDUPAN SOSIAL
Sub.Topik        :etika kerja,profesi dan jabatan  
Semester          : I       

Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema etika kerja,profesi dan jabatan :
Berdasarkan kisah teladan Tuhan Yesus (Mat 20 :28) bahwa setiap orang percaya perlu menyadari bahwa kehadiran manusia yang percaya kepada-Nya   sebagai anggota  tubuh kristus  ditengah dunia adalah  untuk melaksanakan amanat Kristus dan memenuhi kehendak Allah.
Jadi tujaun pembelajaran didalam materi ini bertujuan agar mahasiswa memiliki kesadaran dan memiliki sikap positif didalam perkerjaan,porefesi,karir,dan jabatan berdasarkan iman Kristen.










PERTEMUAN 16

TOPIK             :MASALAH –MASALAH ETIKA DALAM  KEHIDUPAN SOSIAL
Sub.Topik        :etika seksual  
Semester          : I       

Asumsi tentang matakuliah agama yang bertema tentang seksual :
Etika seksual secara umum dikenal dengan nilai/norma-norma etis yang perlu diindahkan dalam perilaku seksual.
Dan pembelajaran kali ini menjelaskan bahwa mahasiswa memiliki kesadaran dan tangung jawab etis terhadap berbagai aspek kehidupan seksual,pergaulan dan keluarga.
Untuk perkuliahan selanjutnya,lebih baik dijelaskan secara bermetode terapi memiliki inti yang penting dalam perkuliahan pendidikan agama Kristen .

1 komentar: